Rabu, 30 Maret 2016

Belajar Basic Beatbox

Yap bareng lagi, bareng gue Aris Kurniawan A.K.A Aiz Creator, Pada kesempatan kali ini gue bakal share tentang teknik dasar seni musik dengan menggunakan mulut atau yang sering disebut dengan beatbox. Apakah beatbox itu?, menurut wikipedia beatbox adalah Beatbox merupakan salah satu bentuk seni yang mengfokuskan diri dalam menghasilkan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, instrumen musik, maupun tiruan dari bunyi-bunyian lainnya, khususnya suara turntable, melalui alat-alat ucap manusia seperti mulut, lidah, bibir, dan rongga-rongga ucap lainnya. Pemain beatbox atau lebih dikenal dengan beatboxer, mampu mendemonstrasikan segala bentuk bunyi-bunyian dengan handal. Beatbox selalu dikaitkan dengan vokal perkusi maupun dengan multivokalisme. Meskipun pada dasarnya sama, namun secara umum perbedaan Beatbox terletak pada keterkaitannya dengan budaya dan musik Hip Hop. Meski demikian pada praktiknya beatbox juga diterapkan untuk genre musik lainya seperti Rock, Pop, R&B, dan sebagainya. Beatbox dalam dunia Hip Hop mulai dikenal pada tahun 1980-an. Kata "beat box" secara harfiah mengacu pada mesin drum generasi pertama, oleh sebab itu para beatboxer pada era tersebut sering dijuluki sebagai "Human Beat Box". Musisi yang menjadi pelopor diataranya Doug E. Fresh, Darren "Buffy" Robinson dari grup The Fatboys, dan Leonardo "Wise" Roman dari Stetsasonic. Masing-masing musisi mempelopori ciri khas dan gaya yang berbeda-beda dan menginspirasi generasi beatboxer berikunya. Selain menghasilkan suara ketukan dan ritme, pada era ini musisi Biz Markie juga memperknalkan teknik MCing dan menyanyi yang digabungkan dengan suara perkusi.
Yap itu sejarah singkat tentang beatbox  langsung saja kita belajar basicnya.
Untuk dasar beatbox ada 3 dasar suara yang mesti kita pelajari yang pertama adalah suara Kick Drum (B), yang kedua Hight Hat (T), yang ketiga K Snare (K).
Untuk mengucapkan Kick Drum atau B ini cukup mudah kita hanya mengucapkan huruf B tanpa vocal. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat divideo gue dibawah ini.
Untuk mengucapkan Hi-Hat atau T ini cukup mudah juga kita hanya mengucapkan T tanpa vocal. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat divideo gue dibawah ini.
Dan yang terakhir untuk mengucapkan K snare atau K ini cukup sulit, karna kita harus ngucapin K tapi inward atau kedalam, caranya taruh ujung lidah dilangit-langit mulut kemudian sentakkan kedalam agar menimbulkan bunyi seperti K tapi tanpa vocal tentunya. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat divideo gue dibawah ini.

Yap itu dia tadi basicnya, setelah lancar mengucapkan ke 3 dasar tersebut kemudian kita harus belajar patern atau susunan beat agar bisa menghasilkan bunyi. Paternnya adalah sebagai berikut B T K B T K 2x diulang-ulang sampai lancar. Kalau udah lancar kita coba patern yang lebih advance seperti Bs B B K T Bs T B B K B T B B B K B B T B B K B B Bs. Yap Sekian tutorial dari gue jangan lupa visit chanel youtube gue like, comment dan subscrube. Gue Aiz Creator. Bye...

About the Author

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

 
Aiz Creator © 2015 - Designed by Templateism.com